Saat Didikan Rohani Terabaikan

Saat Didikan Rohani Terabaikan

Manusia jika dari kecil tidak dididik rohaninya dan hanya diberi ilmu Syariat atau yang lahir-lahir saja, maka dia akan lebih mengenal orang lain dari pada dirinya sendiri, Kejahatan orang lain lebih tampak daripada kejahatan dirinya sendiri, Kesombongan orang lain akan lebih tampak dari pada kesombongan dirinya sendiri yg lebih besar.

Begitu merasakan saat dirinya kesusahan tidak ada yg menolong, padahal dirinya sendiri tidak pernah melakukan pertolongan. Saat seseorang mementingkan dirinya dia tersinggung, saat dia mementingkan dirinya sendiri yg telah menjadi budayanya tidak disadari. Sepertinya tidak patut orang lain yang bakhil, namun jika dirinya yang bakhil sepertinya tidak mengapa.

Demikianlah Manusia jika salah didik dari awal, mengenai Mahmudah dan Mazmumah tidak pernah dikenalnya. Kalaupun diajari banyak tentang Islam yang ditekankan hanya Syariat Lahir Semata-mata, sehingga akibatnya dia tidak mengenal dirinya sendiri dan akhirnya tidak bias menilai dirinya sendiri. Hanya Kejahatan orang lain yang tampak, namun kejahatan diri sendiri tidak kelihatan, Kini Jaman Sekarang sudah ramai dimana-mana.

Semoga kita semua terhindar darinya.

Powered by: Pendidikan Rapat Dengan Rohani Manusia (H. Ashari Muhammad), Selangor

Tidak ada komentar: